Blog ini hanyalah ungkapan akan ketidaksempurnaan seseorang yang haus terhadap ilmu pengetahuan. Hanya blog biasa dan sederhana tanpa
sesuatupun yang membuatnya spesial. Merupakan titik temu antara pola pikir dan rasa penasaran yang kemudian tertumpah
dalam barisan abjad atau angka yang kadang penulispun terjerumus di dalamnya. //Blog Informasi

[ Search :
----:: DESCRIPTION ::-
-:: DATE ::- --

Teknologi Sistem Informasi

Sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data dan informasi. Sistem Informasi dibuat sesuai dengan keperluan organisasi dan tingkatan manajemen-nya.. Sistem informasi telah digunakan sejak dahulu untuk mendukung operasional suatu organisasi, untuk melakukan pengambilan keputusan, dan untuk perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berbagai contoh sistem informasi dapat disaksikan di berbagai tempat, antara lain:
  • Sistem pemesanan (reservasi) tiket, baik pesawat terbang, kapal laut, dan kereta api yang dapat disaksikan dibeberapa agen perjalanan.
  • Sistem POS (point-of-sale) yang digunakan di-counter pasar swalayan dan supermarket ketika pelanggan akan membayar belanjaannya.
  • Pelayanan nasabah bank ketika menabung maupun menarik uang diberbagai counter/teller bank.
  • Sistem informasi persediaan barang maupun sistem inventaris di berbagai kantor.
  • Sistem pelayanan kredit kendaraan untuk mengelola informasi pembayaran dan hutang para pelanggan
  • Sistem pencatatan dan peng-inderaan jarak jauh untuk memantau aktivitas disekitar kawah gunung berapi
  • Sistem akuntansi diberbagai outlet toko
  • dan berbagai sistem lainnya
Sistem informasi tidak selalu rumit/kompleks sehingga harus dilakukan dengan bantuan program komputer dalam jaringan, adakalanya sistem informasi sangat sederhana misalnya hanya dengan menggunakan buku dan pulpen, dengan kata lain, sistem informasi bergantung pada kondisi organisasi yang menggunakannya.
Sistem informasi yang menggunakan komputer sering disebut sebagai Computer Based Information System (CBIS), atau sistem informasi berbasis komputer. Pada buku ini yang dimaksud dengan sistem informasi adalah CBIS. Keunggulan utama dari CBIS antara lain adalah sebagai berikut:
  • melaksanakan perhitungan yang rumit, ber-volume besar, dan berkecepatan tinggi.
  • menyimpan data/informasi dalam jumlah besar, walaupun secara fisik alat penyimpannya cukup kecil (harddisk, flash disk, CD-ROM, DVD-ROM).
  • memungkinkan akses data/informasi dalam jumlah besar, waktu singkat, walaupun lokasi geografis mungkin berjauhan.
  • menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat, dan cepat.
  • meningkatkan effektivitas dan effisiensi dari para pekerja baik per-orangan maupun berkelompok, dalam satu lokasi ataupun tersebar dibeberapa lokasi.
Ada beberapa alasan mengapa sistem informasi berbasis komputer semakin lama semakin digemari oleh organisasi, antara lain:
  • Perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama teknologi informasi yang menjadi tulang punggung sistem informasi. Komputer semakin cangging semakin mudah digunakan namun harganya semakin murah, sehingga tidak ada lagi organisasi modern yang tidak menggunakan komputer. Perusahaan yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer ternyata lebih unggul dalam persaingan, karena dapat memberi pelanyanan informasi cepat dan tepat.
  • Pengaruh globalisasi ekonomi menyebabkanlokasi geografis bukan menjadi hambatan organisasi untuk ber-aktivitas, produk dapat ditawarkan dan dapat dibeli dari lokasi mana saja didunia ini, tentu dengan bantuan sistem dan teknologi informasi.
  • Teknologi mempersingkat waktu proses, dengan demikian organisasi yang tidak beralih ke CBIS akan tertinggal karena proses dalam organisasi-nya berjalan lambat, pelayanan tidak memuaskan, pelanggan bisa pindah ke tempat lain.
  • Pelanggan semakin cerdas, menggunakan teknologi untuk mencapai tujuannya, sehingga perdagangan tidak melulu ditentukan oleh faktor ekonomis, tetapi juga faktor politis dan faktor sosial. Organisasi memerlukan sistem informasi yang juga canggih mengimbangi kecanggihan pelanggan.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Sempatkanlah sedikit waktu untuk mengomentari Postingan Blog ini, Karena setiap kata yang anda berikan , sangatlah berharga untuk Blog ini! Terima Kasih !!

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Hanyalah Seseorang Manusia yang Masih dalam proses Belajar!!! Terima kasih sudah Berkunjung dan berkomentar
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Fivers