Blog ini hanyalah ungkapan akan ketidaksempurnaan seseorang yang haus terhadap ilmu pengetahuan. Hanya blog biasa dan sederhana tanpa
sesuatupun yang membuatnya spesial. Merupakan titik temu antara pola pikir dan rasa penasaran yang kemudian tertumpah
dalam barisan abjad atau angka yang kadang penulispun terjerumus di dalamnya. //Blog Informasi

[ Search :
----:: DESCRIPTION ::-
-:: DATE ::- --

Gerhana Bulan Semalam (16 Juni 2011)

proses gerhana bulan 16/6/11
Ada banyak hal yang terjadi di alam semesta ini, hal tersebut sering dikatakan sebagai sebuah fenomena. Fenomena tersebut ada yang terjadi selang beberapa bulan, beberapa tahun bahkan hingga ribuan tahun. Untuk yang terakhir mungkin tidak semua orang dapat menyaksikannya. Seperti fenomena gerhana bulan semalam yang merupakan salah satu gerhana bulan terlama dalam sejarah, mengapa? Karena gerhana semalam terjadi dalam durasi 100 menit, dari mulai fase bulan tertutup bayangan hingga tertutup seluruhnya.
Gerhana Bulan
Mungkin ada yang belum tahu pengertian penuh tentang gerhana bulan, gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat. Berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.
Mengapa semalam gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah?
Gerhana bulan total pada Kamis (16/6) pagi ini, menurut para ahli, gerhana bulan terlama sepanjang sejarah, yakni mencapai 100 menit. Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, memperkirakan peristiwa ini berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah. “Lamanya saat total sekitar 100 menit karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi,” ujar Thomas.

Ia menjelaskan, lama gerhana bulan total memang bergantung; pertama, jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi, dan kedua, jarak bulan terhadap bumi.
Nah, beruntung bukan jika kita dapat menyaksikan fenomena tersebut? Alam semesta ini memang penuh dengan bermacam-macam fenomena..
 

Subhanallah....
Inilah satu kata yang ingin aku ungkapkan ketika melihat pertama kali dengan mata kepala sendiri gerhana bulan total terlama...
berikut ini akan dihadirkan beberapa gambar gerhana bulan total malam tadi :
ini dari http://foto.detik.com/readfoto/2011/06/16/081358/1661400/157/1/fenomena-gerhana-bulan-total?993305462
Gerhana bulan terlihat di Roma, Italia. Reuters/Alessandro Bianchi.
 Gerhana bulan terlihat di Yerusalem. Reuters/Nir Elias.
 Gerhana bulan terlihat di Iran. Reuters/Raheb Homavandi.
 Gerhana bulan terlihat di Brasil. Reuters/Ueslei Marcelino.
 Gerhana bulan terlihat di Serbia. Reuters/Marko Djurica.
 Gerhana bulan terlihat di Sydney, Australia. Reuters/Tim Wimborne.
 Beberapa warga Serbia menyaksikan gerhana bulan dari atap gedung. Reuters/Ivan MIlutinovic.



Artikel Terkait:

4 komentar:

Oktri darmadi mengatakan...

hmmmm... ni merupakan gerhana terlama

Operator Sekolah Jati Agung mengatakan...

thanks for comment

Unknown mengatakan...

subhanallahhh.. 23x

Unknown mengatakan...

subhanallahhh.. 23x

Posting Komentar

Sempatkanlah sedikit waktu untuk mengomentari Postingan Blog ini, Karena setiap kata yang anda berikan , sangatlah berharga untuk Blog ini! Terima Kasih !!

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Hanyalah Seseorang Manusia yang Masih dalam proses Belajar!!! Terima kasih sudah Berkunjung dan berkomentar
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Fivers