Blog ini hanyalah ungkapan akan ketidaksempurnaan seseorang yang haus terhadap ilmu pengetahuan. Hanya blog biasa dan sederhana tanpa
sesuatupun yang membuatnya spesial. Merupakan titik temu antara pola pikir dan rasa penasaran yang kemudian tertumpah
dalam barisan abjad atau angka yang kadang penulispun terjerumus di dalamnya. //Blog Informasi

[ Search :
----:: DESCRIPTION ::-
-:: DATE ::- --

Apa Itu Internet ?

Pengertian Internet  (interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Yang mana Internet (huruf "I" besar) memiliki makna ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).Internet juga dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet .


Mungkin dari kalian pernah mendengar istilah-istilah browsing, surfing, searching,dsb namun gak tahu apa sih maksud istilah tersebut?

Dibawah ini ada beberapa istilah mengenai fasilitas internet beserta penjelasannya :


1. BROWSING/SURFING :

Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.

Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya :www.blogger.com, www.google.com., www.wordpress.com, dll.

2. EMAIL (Electronic Mail)

Sebuah layanan untuk untuk berkirim surat /dengan orajng lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruang bahkan birokrasi. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, dll.

3. SEARCHING / SEARCH ENGINE

sebuah website yang memberikan layanan pencarian konten-konten terhadap seluruh situs-situs yang ada dalam jaringan internet. Konten yang kita cari dapat meliputi, media teks, gambar/foto ataupun file multimedia yang lain seperti audio, video dll. Sedangkan untuk mencari data tersebut kita juga perlu menghubungkan ke sebuah website, misalnyawww.google.com, www.yahoo.com

4. MAILING LIST

Layanan internet sebagai pengembangan dari email yang difungsikan untuk berdiskusi secara elektronik.Sedangkan funsinya antara lain untuk bertukar infomasi ,pendapat dan lain sebagainya

Untuk mendapatkan layanan ini kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com

5. INTER RELAY CHAT (CHATTING)

Failitas yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web(WWW) dengan layanan ini kita dapat mengambil, memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video)

6. NEWSGROUP

Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet

Contoh : konferensi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps

7. DOWNLOAD dan UPLOAD

Download adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita.

Upload adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internetFile transfer protocol (FTP).

8. TELNET

Fasilitas yang digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain.

9. GHOPER

Fasilitas yang digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut

10. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.

11. TELECONFERENCE

Pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.

12. INTERNET TELEPHONY

yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.

13. INTERNET FAX

Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.


Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.

 SEMOGA BERMANFAAT. . . . !!!!!



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Sempatkanlah sedikit waktu untuk mengomentari Postingan Blog ini, Karena setiap kata yang anda berikan , sangatlah berharga untuk Blog ini! Terima Kasih !!

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Hanyalah Seseorang Manusia yang Masih dalam proses Belajar!!! Terima kasih sudah Berkunjung dan berkomentar
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Fivers